Skip to content


Global Warming dan Perubahan Iklim

Wah ternyata Global warming udah benar-benar terjadi , buktinya harusnya tu musim hujan udah dari bulan oktober yang lalu,tetapi sampe sekarang hujan masih jarang. Walo hujan masih jarang tapi banjir akibat gelombang pasang sering terjadi. Padahal itu aja hujan masih jarang dan dulu ga pernah terjadi seperti itu dulu.

Tadi pagi aku baca di surat kabar pagi ini kalau teryata negara-negara besar tidak setuju kalau mengurangi emisi gas yang saat ini dipakai nya. Berarti sia-sia para petinggi dunia mengikuti konferensi tentang perubahan iklim di Bali, kalau tidak ada kata sepakat antara negara berkembang dan negara maju .

Memang udah sulit kalau sudah mementingkan kepentingan diri sendiri, kalau ga ada yang pada ngalah kapan dapat memecahkan masalah tentang perubahan iklim dan Global Warming yang terus terjadi .

Si negara maju menuding klo perubahan iklim gara-gara negara berkembang yang tidak bisa mencegah illegal logging di negerinya sedang negara berkembang menuduh perubahan iklim disebabkan banyaknya emisi yang ditimbulkan oleh perusahaan-perusahaan di negara maju.

Daripada saling menyalahkan mending introspeksi pada diri sendiri dulu, ga sah menuduh negara maju yang ga mau mengalah atau negara berkembang yang hukumnya kurang ditegakkan,apakah kita udah dapat sedikitnya berpartisipasi untuk mencegah ya minimal memperlambat global warming dan Perubahan iklim di Bumi.

Dulu seorang Dai terkenal bilang “Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang terkecil dan mulai dari sekarang” . Dengan menanam tanaman di sekitar tempat tinggal, trus jangan merokok ya kalo ga bisa mungkin bisa dikurangi tu merokok nya .

Kalo mengganti kendaraan dengan kendaraan tanpa bahan bakar sich sulit, ga mungkin dari 100 kilometer naik sepeda. ya kalo memang terjangkau dengan jalan kaki atau naik sepeda kenapa tidak naik sepeda toh itu juga baik buat kesehatan .

Pernah aku dengar pemerintah mengembangkan bahan bakar bioetanol*benarkah* . Selain mengurangi emisi hampir 70% juga dapat menghemat bahan bakar fosil yang saat ini semakin menipis.

Semoga bumi kita tetap lestari dan anak cucu kita masih dapat menikmati indahnya bumi ini seperti dulu kita sewaktu kecil.

Posted in opini.


3 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. ridu says

    Yup emang UNCCC tahun ini seolah tidak ada hasilnya sama sekali, alias percuma! coz si amrik gak mao mengurangi emisi, dengan alasan akan mengganggu perekonomian mereka! percuma banget gak C!!

  2. Muhammad Zulfikar says

    Salam Kenal maS
    blognya keren
    kunjungi blog saya jg yak

  3. teewee says



Some HTML is OK

semarang

or, reply to this post via trackback.