Skip to content


BBM Naik, Saatnya Penghematan..

Hari Sabtu Kemaren tanggal 24 Mei 2008 BBM kembali naik. Opsi ini diambil oleh pemerintah untuk mengamankan APBN-P 2008.Buat aku sih ngikut aja,makmum koq lagian juga ga boros-boros banget penggunaan BBM.

Bensin*premium* dari semula harga Rp.4.500,-/liter sekarang udah naik menjadi Rp.6.000/liter menurutku lebih baik naik daripada harus ngutang ke Bank Dunia ato IMF. Lagian orang miskin kan udah dapet BLT*Bantuan Langsung Tunai*.

Pada malam sebelumnya sebelum naik setelah kopdar di rumahnya mas yogie,liat orang-orang pada ngantri BBM jadi kepengen skalian ngantri aja. Alhasil dapet premium setelah 1 jam ngantri sekalian melatih kesabaran*alesyan*.

Dengan naiknya BBM jelas reaksi berantai pun terjadi,lebih gampangnya harga-harga pun ikut naiK. Bukan karena iri lho,tapi melainkan beban ongkos distribusi nya bertambah jadi ya kalo naik tu wajar. Asal ga terlalu berlebihan aja.BBM cuman naik 33% masak ongkos angkot dari semula Rp.2.000 minta naik Rp.3.000 yang bener aja naik koq 50%,ya disesuaiin-lah jadi Rp.2.500 nah itu lebih manusiawi.

Trus gimana nyiasatin kalo harga-harga pada naik tapi gaji/penghasilan tidak naik? Ada beberapa ide buat menghemat koq ya walo tu ide ada nilai plusnya(+) ada juga nilai negatipnya(-),monggo silahkan menyimak beberapa ide-ku

1.Ganti kendaraan Bermotor dengan sepeda. Ide ini sih lumayan,tapi silahkan liat (+) dan(-) nya
+:
jelas ga bakalan ada pengeluaran buat beli BBM
Lebih sehat kalo pake sepeda ngantor maupun kuliah
Mengurangi polusi dan global warming
biaya servis jelas lebih murah
bangun bisa lebih pagi
-:
lebih banyak keringat yang keluar
jarak yang dijangkau terbatas*banget*
tidak dapat diterapkan di kota yang banyak bukitnya
waktu tempuh lebih lama
kulit bisa lebih gelap.

inilah sepedaku

2.Ganti kendaraan berbahan bakar BBM ke Kendaraan bertenaga listrik, bukan ide yang jelek tapi pasti ada (+) dan (-) nya
+:
Tidak mengeluarkan pengeluaran buat beli BBM
Jelas mengurangi polusi dan global warming
hampir ga ada suara jadi ga berisik
-:
Biaya listrik jadi naik*jelas lah*
Waktu pengisian batere lama *4 sampe 5 jam*
kecepatan terbatas*maksimal 60 km/jam*
jarak juga terbatas
kalo batere habis di jalan susah buat mengisi ulang batere

Ada juga ide untuk naik kendaraan dengan kecepatan yang rendah. Menurutku dengan naik motor dengan kecepatan 80km/jam selama 1 jam lebih boros bahan bakar dibanding naik motor dengan kecepatan 40km/jam selama 2 jam jelas lah ada (-) kalo waktu tempuh lebih lama.
Itu sih beberapa ide yang ada di pikiranku. Trus apa ide mu buat penghematan BBM?

Posted in My Blog.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

pantura

or, reply to this post via trackback.