Skip to content


Track MTB Taman Kota 2

Setelah dibukanya kembali track MTB di Taman kota Serpong, bertambahlah variasi track bagi para pencinta MTB di jabotabek. Di serpong ini selain JPG yang namanya sudah melalang buana di para telinga biker MTB jakarta juga ada MTB track taman kota 2. Taman kota 2 dapat dijangkau dengan KRL tanah abang serpong, dari tanah abang turun di serpong dilanjutkan gowes kurang lebih 15 menit dari stasiun serpong.

Hari minggu kemaren tepatnya tanggal 27 november 2011, komunitas sepeda koskas jakpus ngadain acara offroad ke JPG. Karena udah kondisi badan udah fit n si Velo juga dalam kondisi fit juga, akhirnya memantabkan hati untuk ikut. Sekali pernah keĀ  JPG,alhamdulillah ga terjadi apapun, akhirnya ketagihan.setelah kumpul di stasiun tanah abang, ternyata planning berubah yang tadinya ke JPG ganti ke taman kota2, kenapa tidak? Ayok aja sih aku selama ada yang tau jalan kesananya sih ga masalah, yang masalah udah nekat ganti planning tapi ga tau jalan ke sana.

Turun di stasiun serpong, gowes sekitar 15 menit terpampanglah papan tulisan “TAMAN KOTA 2 SEKTOR XI BSD CITY”, wah ternyata kawasan BSD juga nih. Masuk ke kawasan tadi terlihat mobil2 dengan bike handle di belakang, benar nih disini tempatnya. Selain track MTB juga ada jogging track dan RC track.Udah terlihat tracknya, sambil menunggu temen2 yang nyiapin bekal pas di tracknya *maklum panjang track sekitar 5-6 km dengan medan yang beragam* aku last prepare si Velosiped.

Wah ada map nya, iseng liat map, ternyata banyak juga tanjakan dan turunan track taman kota ini, tapi klo ga ada tanjakan dan turunan namanya bukan track MTB donk. Prepare selesai mulai masuk track MTB. Kilometer pertama track MTB menyusuri pinggir kali yang bersih, beda dengan kebanyakan kali/ sungai di jakarta. Pepohonan yang rindang dan terawat memanjakan mata para biker MTB tetapi tetap harus konsen pada track yang tidak rata dan membutuhkan kendali penuh dengan sepedanya. Kali terlewat, memasuki taman dengan tanaman yang tinggi dan track yang sangat tidak rata. Udara yang segar di sekitar membuat para biker semangat mengayuh sepedanya dengan kecepatan yang tinggi walau terkadang harus mengurangi kecepatan karena track tidak rata.

tman kota 2

Konsentrasi adalah seni, begitu kata om Dedi yang pesulap itu, tapi memang di track taman kota ini dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Ada beberapa kejadian yang berakibat hampir kecelakaan karena bikernya kurang konsentrasi dan terjadi pas biker di depanku. Pertama ga konsen karena liat ada track lain,kepala menoleh di depan ada lubang, gubraks jatuhlah biker tadi. Karena aku masih konsen begitu kejadian seperti itu langsung rem depan dan belakang, berhenti trus nolong tu orang. Yang kedua pas ada sekumpulan kerbau sedang berlari, biker depanku liat kerbau bukan tracknya, begitu kaget langsung aku teriak “konsen Nda” *maklum temen komunitas jadi cuek aja teriak gitu ke dia *.

Macem macem jenis tracknya ada yang tanjakan curam track yoyo, disebut track yoyo karena setelah turunan tajam langsung tanjakan tajam. Tapi memang bagi yang belum mengenal medan tracknya diharapkan untuk berhati hati dan jangan kebut kebutan dulu karena terkadang setelah belokan tajam langsung turunan klo engga ya tanjakan.

Setelah 1 jam menyusuri track taman kota bertemulah dengan garis akhir track tersebut, saatnya rehat. Tidak hanya orang indonesia yang tertantang dengan track disini, orang barat pun juga tidak mau ketinggalan. Dari overal memang lebih sedikit biker yang datang kemaren minggu dibanding di JPG. Untuk tantangannya memang disini lebih ke XC *cross country* dibanding AM *all mountain* tapi lumayan untuk referensi track MTB selain JPG.

mana sepedaku

Posted in My Blog.

Tagged with , , , .


One Response

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. midori says

    klo kesana lagi foto tracknya yah…including you with velo.. ^__^



Some HTML is OK

pantura

or, reply to this post via trackback.